Jenis-Jenis Ayam Pedaging

 
Jenis-jenis ayam pedaging atau ayam potong yang biasa diketauhi orang adalah ayam broiler dan ayam kampung buras. Kebayakan daging di pasaran berasal dari peternakan ayam broiler. Namun ayam kampung pedaging mulai dicari masyarakat. Sebenarnya ada beberapa jenis ayam untuk pedaging

Ayam broiler
Ternak jenis ayam broiler bisa dipanen setelah umurnya mencapai 45 hari. Bobot badan ayam seusia itu 1,5 – 2,5 kg. Bandingkan dengan ayam kampung yang pada umur sama bobotnya cuma 200 g. Si cepat tumbuh ini tak pernah dipelihara lebih dari 60 hari. Pasalnya, setelah itu dia sudah tak efisien lagi membentuk daging. Kalau diteruskan, keuntungan peternaknya malah turun.Karena masih muda, dagingnya sangat empuk. Bahkan, tulang-tulangnya pun mudah hancur bila digigit.

Isu ayam broiler tidak sehat. Sebenarnya  selama dipelihara, ayam ini selalu disuplai makan danminum. Dengan cara begitu, dia bisa tumbuh secara efisien karena pakannya sebagian besar untuk membentuk daging dan sedikit sekali digunakan untuk bergerak.

Jadi, tidak benar anggapan broiler digemukkan secara paksa dengan memberinya hormon atau zat perangsang. Yang perlu diwaspadai justru kemungkinan adanya residu antibiotik dalam daging broiler. Ayam macam begini biasanya dihasilkan peternak nakal atau tak mau tahu, yang memberinya antibiotik berlebihan dan tidak dihentikan beberapa hari sebelum dipanen.

Ayam kampung
Ayam dengan harga lebih mahal 2-3 kali ayam broiler, padahal biaya pemeliharaannya tak semahal ayam broiler. Nnamun umurnya yang  lama 5-7 bulan. Selain itu membawa unggas pribumi penghasil daging ini dari desa ke kota bukanlah pekerjaan gampang. Risiko kematian atau sakit di perjalanan cukup besar. Untuk menanggung risiko akibat mati atau sakit itu, harga jualnya jadi mahal.

Ayam kampung adalah ayam yang dibiarkan liar tanpa suplai makanan khusus, apalagi obat-obatan, inilah nilai lebih dari dari ayam kampung, sebagai daging organik.

Ayam buras
Ini yang digemari baik peternak maupun konsumen. Umurnya bisa lebih cepat panen 3– 4 bulan dengan bobot karkas 0,7 – 1 kg. Pada umur itu dagingnya masih lunak dan tulangnya manis. Aromanya tidak merangsang dan rasanya sangat gurih. Ayam ini cocok untuk segala macam masakan.
Permintaan pasaran dari menengah ke atas sangat banyak, peluang berternak ayam buras lebih menguntungkan dilihat dari harga yang lebih mahal. Sekain itu trend daging ayam kampung mulai marak, karena isu ayam broiler kurang sehat.

Ayam potong petelur
Ayam potong petelur menempati urutan terakhir sebagi ayam pedaging, setelah broiler dan buras. Kelompok ayam ras ini utamnya sebagai penghasil telur yang biasa diceplok mata sapi atau didadar. Setelah 12 – 18 bulan menjalankan tugas dan produktivitasnya mulai menurun, bisa disembelih dijadikan daging.

Bentuk badan ayam kelompok ini segi tiga. Bagian perutnya besar dan penuh lemak. Kulit dan kakinya kuning. Warna ini menandakan dagingnya manis. Karenanya, pedagang yang pintar sering mewarnai karkas yang berwarna pucat atau putih dengan cairan kunyit atau pewarna makanan agar calon pembeli tertarik.





SUKA?

0 komentar:

Poskan Komentar

NewsAlloy button Marketing Blogs Business Blogs